A.
ASAL-USUL KURIKULUM
1. Secara
Etimologis kurikulum
berasal dari bahasaYunani, yaitu carier
yang artinya pelari dan curare yang
berarti tempat berpacu. Jadi, istilah kurikulum berasal dari dunia olah raga
pada zaman Romawi Kuno di Yunani, yang mengandung pengertian suatu jarak yang
harus ditempuh oleh pelari dari garis start sampai garis finish.
2. Dalam bahasa Arab, kata
kurikulum biasa diungkapkan dengan manhaj yang berarti jalan yang
dilalui oleh manusia pada berbagai bidang kehidupan. Sedangkan kurikulum
pendidikan (manhaj al-dirasah) dalam kamus Tarbiyah adalah seperangkat
perencanaan dan media yang dijadikan acuan oleh lembaga pendidikan dalam
mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan.
3. Kata
kurikulum (curriculum) juga terambil dari bahasa Latin yang
memiliki makna yang sama dengan kata racecourse (gelanggang perlombaan).
Kata kurikulum dalam bentuk kata kerja yang dalam bahasa latin dikenal dengan
istilah “curere” adalah mengandung
arti menjalankan perlombaan. Dalam perlombaan tersebut, ada batas start dan ada
batas finish. Dan dalam lapangan pendidikan pengertian tersebut dijabarkan
bahwa bahan belajar sudah ditentukan secara pasti, dari mana mulai diajarkan
dan kapan diakhiri, dan bagaimana cara untuk menguasai bahan agar dapat
mencapai gelar.
4. Kurikulum
juga berasal dari bahasa Inggris yakni “Curriculum” yang mempunyai arti “rencana pelajaran“.
Dalam bahasa Inggris, kurikulum dapat
dipahami sebagai 'jelmaan' atau 'metamorfosis'. Paduan pengertian kurikulum ini
dipahami sebagai laluan dari satu peringkat ke peringkat berikutnya.
5. Terdapat
pula dalam bahasa Prancis (chourier)
artinya (to run: berlari). Kemudian istilah ini digunakan untuk sejumlah (courses) atau mata pelajaran yang harus
ditempuh untuk mencapai suatu gelar atau ijazah.
B.
KURIKULUM
DALAM ARTI SEMPIT
1. Pengertian kurikulum Menurut Inlow
(1966) : Pengertian
kurikulum adalah usaha menyeluruh dirancang khusus oleh sekolah dalam
membimbing murid memperoleh hasil dari pelajaran yang telah ditentukan.
2. Pengertian Kurikulum Menurut Hilda
Taba (1962) : Pengertian
kurikulum sebagai a plan of learning yang berarti bahwa kurikulum adalah
sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa yang memuat rencana untuk
peserta didik. Dalam bukunya "Curriculum Development Theory and
Pratice".
3.
Pengertian
Kurikulum Menurut George A. Beaucham (1976) : Pengertian kurikulum adalah dokumen
tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada peserta didik
melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Pengertian
Kurikulum Menurut UU. No. 20 Tahun 2003 : Pengertian kurikulum adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pengajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
5.
Pengertian
Kurikulum Menurut Good V. Carter (1973) : Pengertian kurikulum adalah kelompok pengajaran yang
sistematik atau urutan subjek yang dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi
dalam pelajaran mayor.
6.
Pengertian
Kurikulum Menurut Grayson (1978) : Pengertian kurikulum adalah suatu perencanaan untuk
mendapatkan pengeluaran (out-comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran.
7.
Pengertian
Kurikulum Menurut Crow and Crow : Pengertian kurikulum adalah rancangan pengajaran atau
sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan
suatu program untuk memperoleh ijazah.
8.
Kurikulum
adalah kelompok pengajaran yang sistematik atau urutan subjek yang
dipersyaratkan untuk lulus atau sertifikasi dalam pelajaran mayor, misalnya
kurikulum pelajaran sosial, kurikulum pendidikan fisika (Carter V. Good dalam Oliva, 191:6)3.
9.
Kurikulum
adalah seluruh pengalaman siswa di bawah bimbingan guru ( Hollis L. Caswell and Doak S. Campbell dalamOliva,
1991:6)4.
10.
Kurikulum
adalah sebagai sebuah perencanaan untuk memperbaiki seperangkat pembelajaran
untuk seseorang agar menjadi terdidik (J.
Galen Saylor, William M. Alexander,
and arthur J. Lewis dalam Oliva 1991:6)5.
11.
UU
No. 20 Tahun 2003: Kurikulum
merupakan seperangkat rencana dan sebuah pengaturan berkaitan dengan tujuan,
isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional.
12.
Prof.Dr.
Henry Guntur Tarigan
Kurikulum ialah suatu formulasi pedagogis yang termasuk paling utama dan
terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.
13.
Hamid
Hasan (1988)
Berpendapat bahwa konsep kurikulum bisa ditinjau dari 4 sudut yakni : (1) kurikulum
sebagai suatu ide; yang dihasilkan melalui teori-teori dan penelitian ;
(2) sebagai suatu rencana tertulis, yaitu sebagai perwujudan dari
kurikulum sebagai suatu ide, didalamnya berisi tentang tujuan, bahan ajar,
aktifitas belajar, alat-alat atau media, dan waktu pembelajaran ; (3) sebagai
suatu kegiatan, merupakan pelaksanaan dari kurikulum sebagai suatu rencana
tertulis yakni dalam bentuk praktek pembelajaran ; (4) sebagai suatu
hasil, yaitu konsekwensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan, melalui
ketercapaiannya tujuan kurikulum terhadap peserta didik.
C.
Simpulan Pengertian Kurikulum Dari Para
Ahli Dalam Arti Sempit
Kurikulum
adalah seperangkat rencana pengajaran atau ide tertulis yang buat oleh sekolah
dan digunakan untuk landasan mengajar guru dalam kelas. Kurikulum juga berisi mata pelajaran yang
harus ditempuh siswa agar dapat lulus dan mendapatkan nilai atau ijazah dari
sekolah atau perguruan tinggi.
D.
KURIKULUM
DALAM ARTI LUAS
1. Pengertian Kurikulum Menurut Daniel
Tanner dan Laurel Tanner, pengertian
kurikulum adalah pengalaman pembelajaran yang terarah dan terencana secara
terstuktur dan tersusun melalui proses rekontruksi pengetahuan dan pengalaman
secara sistematis yang berada dibawah pengawasan lembaga pendidikan sehingga
pelajar memiliki motivasi dan minat belajar.
2.
Pengertian
Kurikulum Menurut Kerr, J. F (1968) : Pengertian kurikulum adalah sebuah pembelajaran yang
dirancang dan dilaksanakan dengan individu dan berkelompok baik di luar maupun
di dalam sekolah.
3. Romine:
Kurikulum mencakup semua temuan permbelajaran, aktivitas dan pengalaman yang
diikutioleh anak didik dengan arahan dari sekolah baik di dalam maupun di luar
kelas.
4.
Drs.
Cece Wijaya,dkk
Mengartikan kurikulum dalam arti yang luas yakni meliputi keseluruhan program
dan kehidupan didalam sekolah.
5.
Pengertian
Kurikulum Menurut Menurut Neagley dan Evans (1967) : Pengertian kurikulum adalah semua
pengalaman yang telah dirancang oleh pihak sekolah untuk menolong para siswa
dalam mencapai hasil belajar kepada kemampuan siswa yang paling baik.
6.
Pengertian
Kurikulum Menurut Murray Print : Pengertian kurikulum adalah sebuah ruang pembelajaran yang
terencana diberikan secara langsung kepada siswa oleh sebuah lembaga pendidikan
dan pengalaman yang dapat dinikmati semua siswa pada saat kurikulum diterapkan.
7.
William
B. Ragam & Robert S. Flaming Kurikulum merupakan keseluruhan pengalaman peserta didik
yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah atau lembaga.
8.
David
Praff Kurikulum
merupakan seperangkat organisasi dari pendidikan formal / pusat-pusat pelatihan
pembelajaran.
9.
Saylor
(1958) Kurikulum
ialah keseluruhan usaha pihak sekolah untuk mempengaruhi PBM baik secara
langsung didalam kelas, tempat bermain, ataupun di luar sekolah.
10.
B.
Bara, Ch (2008)
Mengkonsepkan kurikulum kedalam 4 pengertian yakni: (1) kurikulum sebagai suatu
produk ; (2) sebagai program ; (3) sebagai hasil yang diinginkan atau dicapai ;
& (4) sebagai pengalaman belajar.
11.
Donald
E. Orlasky, Othanel
Smith (1978) & Peter F. Olivva (1982) Menyatakan bahwa kurikulum pada dasarnya
ialah suatu bentuk perencanaan maupun program dari pengalaman peserta didik
yang diarahkan dan dikembangkan di sekolah.
12.
Dr.
H. Nana Sudjana Tahun (2005) Kurikulum merupakan niat & harapan yang dituangkan
kedalam bentuk rencana maupun program pendidikan yang dilaksanakan oleh para
pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat & rencana, sedangkan pelaksaannya
adalah proses belajar mengajar. Yang terlibat didalam proses tersebut yaitu
pendidik dan peserta didik.
13.
Harsono
(2005) Mengungkapkan
bahwa kurikulum ialah suatu gagasan pendidikan yang diekpresikan melalui
praktik. Pengertian kurikulum saat ini semakin berkembang, sehingga yang
dimaksud dengan kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, namun
seluruh program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional.
14.
Prof.
Dr. S. Nasution, M. A.
Menjelaskan kurikulum sebagai suatu rencana yang disusun untuk melancarkan
proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, bimbingan & tanggunga
jawab sekolah / lembaga pendidikan.
15.
S.
H. Hasan (1992)
Menurutnya kurikulum itu bersifat fleksibilitas. Yakni sebagai
suatu pemikiran kependidikan bagi diklat, sehingga dalam posisi teoritik, harus
dikembangkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang terencana dan juga dianggap
sebagai kaidah pengembang kurikulum.
16.
Prof.
Drs. H. Darkir
Menyatakan bahwa kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan.
Jadi, kurikulum ialah program pendidikan dan bukan program pengajaran,
sehingga program itu direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar dan juga
pengalaman belajar.
17.
Valiga,
T & Magel, C
Kurikulum merupakan suatu urutan pengalaman yang telah ditetapkan oleh pihak
sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir & bertindak para peserta didik.
18.
Kurikulum adalah sejumlah pengalaman dan
uji coba dalam proses belajar-mengajar siswa di bawah bimbingan lembaga
(sekolah). (Yusuf, At-Tarbiyah Wal
Mujtami’).
E.
Simpulan Pengertian Kurikulum Dari Para
Ahli Dalam Arti Luas
Kurikulum
adalah seluruh pengalaman pembelajaran yang terarah dan sistematis memiliki
program pendidikan yang dilaksanakan oleh pendidik baik di dalam kelas, tempat
bermain ataupun di luar sekolah dan berada dibawah pengawasan lembaga pendidikan sehingga
pelajar memiliki motivasi dan minat belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Diharapkan segala bentuk komentar atau saran harus menggunakan bahasa yang SOPAN, tidak MENYINGGUNG perasaan siapa pun dan tidak bernilai SARA